INOVASI POSYANDU KUNCI 02 GOLO TERBAIK TINGKAT NASIONAL

          UMBULHARJO - Di era perkembangan zaman yang semakin melesat, masyarakat dituntut untuk terus melakukan inovasi di berbagai kegiatan. Tak terkecuali pada kegiatan di wilayah. salah satunya yang dilakukan di Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Kunci 02 Golo, Pandeyan, Umbulharjo Yogyakarta yang memiliki Inovasi Telegram Online Golo 2 (Telogo 2).

        Inovasi ini mampu menghantarkan Posyandu Kunci 02 Golo menyabet penghargaan dari  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui ajang Jambore Kader Tingkat Nasional Tahun 2023. Dimana inovasi Telogo 2 mendapatkan peringkat pertama kategori Posyandu Inovasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023.

         Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin kepada salah satu perwakilan kader Agustina Sriwaningsih di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman No. Kav. 86, DKI Jakarta, Selasa (14/11).

        Lurah Kelurahan Pandeyan, Sugiyanto mengatakan, selamat dan bangga kepada seluruh kader di wilayahnya yang terus melakukan inovasi sebagai bentuk pencegahan stunting di wilayah melalui posyandu. 

        Menurutnya, inovasi semacam ini baru muncul pertama kali di Indonesia. Dimana Telogo 2 merupakan sistem pencatatan melalui Telegram yang dapat dimanfaatkan sebagai pencatatan penimbangan, pendataan, hingga perkembangan balita yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh kader di Kelurahan Pandeyan.

        Inovasi ini diinisiasi dari keterbatasan pengelolaan administrasi saat pandemi Covid-19. Sehingga terciptalah Telogo 2 di Posyandu Kunci 02 Golo untuk mempermudah pekerjaan administrasi yang dapat berjalan secara efisien, cepat, tepat dan tertib.

       “Muncul Telogo 2 karena waktu masa pandemi Covid-19 kemarin. Dikarenakan saat Covid-19 untuk kegiatan posyandu mati atau tidak ada kegiatan. Disinilah muncul ide-ide supaya posyandu tetap berjalan dengan inovasi sehingga laporan administrasi terus jalan. Kita bekerjasama dengan puskesmas kemudian kita berkolaborasi membuat sistem yang namanya Telogo 2,”ujar Sugiyanto saat diwawancara di Posyandu Kunci 02 Golo, Rabu (15/11).

       Selain menghemat waktu, catatan yang dilakukan setiap bulan oleh kader tidak akan hilang karena otomatis akan tersave di data Telegram. Hal ini juga membantu para kader untuk memonitoring Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada balita langsung door to door ke rumah warga.

      “Melalui Telegram ini dengan beberapa kodenya dapat diakses untuk mengetahui sejauh apa perkembangan balita yang ditimbang saat itu akan diketahui status kesehatannya, gizinya turun atau tumbuh/berkembang. Jika turun bisa diketahui sehingga bisa dilakukan tindak lanjutnya bersama puskesmas,”ungkapnya. 

       Ia berharap, Telogo 2 ini dapat diapresiasi oleh seluruh warga pandeyan dan ditiru oleh posyandu lainnya. Dimana sistem ini belum ada dimanapun sehingga menjadi inovasi unggulan di Telogo 2.

      “Mendapatkan penghargaan ini para kader sangat luar biasa. Penghargaan seperti ini baru kali ini didapatkan. Ini suatu kebanggaan sekali di wilayah khususnya di Kelurahan Pandeyan. Semoga dengan ini, ke depannya pemerintah dapat memberikan reward bagi kader-kader posyandu berprestasi. Sehingga melalui kader menjadikan generasi penerus bangsa terhindar dari stunting,”ujarnya. 

       Sementara itu, Salah satu kader Posyandu Kunci 02 Golo Agustina Sriwaningsih mengaku sangat terbantu dengan adanya inovasi Telogo 2. Terlebih dapat membanggakan Kota Yogyakarta dan Kelurahan Pandeyan mendapatkan peringkat pertama kategori Posyandu Inovasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023.

      “Tidak terpikir maju ke tingkat Nasional bisa kita dapatkan. Tentunya penghargaan ini bisa kita raih karena adanya tim yang selalu mendukung dan membantu kami selama ini. Sehingga kami bisa menang ke tingkat Provinsi dan Nasional pada tahun 2023 ini, ”ujarnya. 

      Adapun sasaran siklus kehidupan di Kelurahan Pandeyan mulai dari usia 0-6 tahun berjumlah 37 balit/bayi, 7-8 tahun sebanyak 110 orang, 15-59 tahun berjumlah 502 orang dan 60 tahun keatas berjumlah 127 orang. Sehingga total sasaran Posyandu Kunci 02 Golo Kelurahan Pandeyan berjumlah 776 sasaran.

      Ke depannya, Posyandu Kunci 02 Golo tidak hanya menyasar balita saja tetapi juga akan menyasar remaja, dewasa hingga lansia. Sehingga status kesehatan dan status gizi di Kelurahan Pandeyan terpenuhi.

      “Untuk sistem Telogo 2 ini kita baru menyasar balita saja, namun dengan tuntutan pencatatan siklus hidup di wilayah kita akan merencanakan untuk membuat sistem Telogo 2 dengan sasaran ibu hamil dan secara bertahap juga akan menyasar remaja, produktif dan lansia. Semoga langkah ini didukung oleh pemerintah dengan memberikan reward kepada para kader sehingga para kader semakin semangat,”imbuhnya.