5 ALASAN PUNYA TANAMAN ORGANIC UNTUK RUMAH SEHAT

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

KKN Tematik “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

LP3M UST

Program Kerja Individu

Setyo krismoko

 

Dalam rangka kolaborasi kampung-kampus, KKN UST 2020 padepokan 184 berkolaborasi dengan kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta untuk melaksanakan KKN periode 2020/2021 dengan tema “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

 

Pertanian organik kini mulai dikenal luas masyarakat seiring dengan adanya tren hidup sehat. Banyak pelaku pertanian organik bermunculan seiring dengan pangsa pasar yang semakin terbuka. Tidak hanya karena bernilai ekonomis tinggi, pertanian organik penting untuk perbaikan ekosistem pertanian yang kian rusak terpapar bahan sintetik atau kimiawi.

Namun, apa itu tanaman organik?

 Tanaman organik, sangat erat kaitannnya dengan proses menanam. Memilih untuk menanam secara organik di rumah artinya kamu juga harus melakukan proses pertanian organik dalam merawat tanaman tersebut seperti dengan menggunakan pupuk alami (seperti pupuk kompos) dan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia seperti pestisida dan sejenisnya.

Menanam tanaman organik di rumah mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa diantaranya:

1. Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan utama dari tanaman organik adalah sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Tanpa adanya penggunaan bahan-bahan kimia, proses menanam tanaman organik tidak akan mencemari tanah, air, dan juga udara. Bertani organik akan membawa kesuburan bagi tanaman di sekelilingnya. Rumah pun akan menjadi lebih sehat setelah kualitas tanah, air, dan udara.

2. Menjaga Kualitas Tanah di Taman Rumah

 Penggunaan bahan alami pada tanaman organik seperti pupuk kompos akan membantu perkembangan mikroorganisme yang berfungsi untuk menyuburkan tanah sehingga zat-zat hara alami di tanah tetap terjaga. Di samping itu, bahan-bahan kimia pada penanaman anorganik bisa mencemari tanah dan penggunaan yang terus-menerus bahkan bisa merusak tanah sehingga membuatnya tak lagi subur.

3. Kualitas Tanaman Organik yang Lebih Baik

Salah satu alasan mengapa tanaman organik kini sangat diminati adalah kualitas hasil perkebunan yang lebih baik. Pada sayur dan buah-buahan, tanaman organik mampu menghasilkan hasil pertanian yang lebih segar, sehat, dan tahan lama. Pada beberapa kasus, sayur dan buah yang dihasilkan dari pertanian organik bahkan memiliki ukuran dan bobot yang lebih baik.

4. Hemat Biaya

Meskipun terdengar lebih merepotkan, proses menanam tanaman secara organik mampu menekan biaya perawatan tanaman. Harga pupuk organik cenderung lebih murah dan bahkan bisa kamu buat sendiri dari sisa sampah rumah tangga dengan sisa-sisa makanan dan sayur, kamu sudah bisa menciptakan pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman organic.

5. Rumah yang Lebih Segar dan Sejuk

Seperti layaknya tanaman hias pada umumnya, keberadaan tanaman organik di rumah mampu memberikan kualitas hunian yang lebih baik dengan suasana yang lebih sejuk dan udara yang lebih segar. Tentu tanpa adanya polusi udara dari bahan kimia yang biasa muncul jika tanaman dirawat secara konvensional.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu memiliki tanaman organik di rumahmu. Apakah setelah membaca ini mengubah persepsimu untuk beralih kepertanian organik? Selamat menanam.

 

Jangan Lupa Untuk Selalu Menerapkan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan)

 

Salam