Tips Berwisata Aman di Era New Normal

Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa

KKN Tematik “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

LP3M UST

Program Kerja Individu

Ana Retno Ningtyas

 

Salam dan Bahagia

Dalam rangka kolaborasi kampung-kampus, KKN UST 2020 padepokan 184 berkolaborasi dengan kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta untuk melaksanakan KKN periode 2020/2021 dengan tema “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

Pada era new normal ini tentu saja sangat dinanti-nanti oleh masyarakat luas terutama setelah berbulan-bulan di rumah saja. Karena pada era new normal ini tempat wisata mulai dibuka, dan tentu saja akan diburu oleh masyarakat yang sudah jenuh berada dirumah. Tentu saja kita diperbolehkan untuk berwisata namun sebelum berwisata pastikan bahwa diri anda berada dalam keadaan yang sehat.

Berikut terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan selama berwisata di era new normal :

  1. Ketahui dan Pelajari Status Keamanan Wilayah yang Akan Dituju

Pastikan destinasi pilihan anda berada pada zona aman untuk dikunjungi. Untuk mengetahui keamanan suatu wilayah anda bias mengaksesnya pada laman covid19.co.id

  1. Beli Tiket Secara Online Atau Via Agen Travel

Jika anda menggunakan transportasi umum belilah tiket secara online atau membeli melalui agen travel terpercaya. Dengan cara ini anda sudah mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

  1. Selalu Sediakan Hygiene Kit

Saat memasuki era new normal, hygiene kit menjadi barang wajib untuk dibawa kemana-mana. Isi dari hygiene kit berupa hand sanitizer, desinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, masker cadangan, dll.

  1. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Usahakan selalu membawa peralatan makan dan minum sendiri. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengurangi kontak dengan orang lain sehingga tetap aman dan sehat.

  1. Minum Vitamin dan Konsumsi Makanan Sehat

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat selama staycation agar tubuh tidak mudah terpapar virus atau penyakit, bila perlu konsumsi juga vitamin.

  1. Patuhi Protokol Kesehatan

Terakhir, agar terhindar dari virus, kita wajib menerapkan protokol kesehatan, berupa jaga jarak fisik, hindari kerumunan orang, memakai masker setiap keluar ruangan (boleh juga ditambah dengan memakai face shield), rajin mencuci tangan dengan sabun  ataupun memakai hand sanitizer, menerapkan etika batuk dan bersin serta segera mandi setelah beraktivitas diluar ruangan.

 

Jadi itulah beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan sebelum liburan di era new normal ini. Sebaiknya dipersiapkan dan pikirkan sedini mungkin akibat terburuknya. Jika memang kurang yakin sudah aman, maka liburan bias ditunda. Berwisata boleh tapi dirumah lebih baik.

 

Jangan Lupa Untuk Selalu Menerapkan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan)

 

Salam