BUDIKDAMBER DAN AKUAPONIK: Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

BUDIKDAMBER DAN AKUAPONIK: Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

 

 

…Video…

https://youtu.be/daVmXcQPssk

Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa

KKN Tematik “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

LP3M UST

Program Kerja Individu

Ana Retno Ningtyas

 

 

Salam dan Bahagia

 

Dalam rangka kolaborasi kampung-kampus, KKN UST 2020 padepokan 184 berkolaborasi dengan kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta untuk melaksanakan KKN periode 2020/2021 dengan tema “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

 

Situasi pandemi saat ini mengharuskan kita untuk selalu stay at home yang berakibat pada terbatasnya aktivitas kita sehari-hari. Hal ini berdampak pada distribusi pendapatan serta pengeluaran rumah tangga karena adanya pandemi ini telah berhasil merumahkan tenaga kerja baik di sektor formal maupun non formal.

Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk mempertahankan ketahanan pangan keluarga, terutama dalam memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.  Karena selain harus memenuhi kebutuhan pangan, masyarakat juga harus menjaga ketahanan tubuh agar tetap selalu sehat dan bugar baik secara fisik maupun mental.

Salah satu upaya yang dapat diusahakan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah pandemi saat ini adalah dengan mengupayakan budikdamber plus akuaponik. Budikdamber adalah teknik budidaya ikan yang dilakukan di dalam ember, selain menghemat tempat budikdamber dapat dibuat  dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Hasil yang didapatkan dari budikdamber dapat digunakan sebagai tambahan pendapatan.

Program kerja ini bertujuan sebagai solusi pemenuhan ketahanan pangan keluarga pada masa pandemi sehingga masyarakat yang tetap dirumah tetap dapat melakukan kegiatan produktif guna memenuhi kebutuhan rumah tangga.

 

Jangan Lupa Untuk Selalu Menerapkan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan)

 

 

Salam