Dewantara Muda Tanggap Covid-19 Tentang

PROGRAM KERJA KKN UST PADEPOKAN 188

PENANAMAN TANAMAN OBAT

 

Salam dan Bahagia

LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dari padepokan 188 berkerjasama dengan Kampung Kalangan, Kelurahan Pandeyan, Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik periode 2020/2021 dengan tema “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”. Padepokan 188 melaksanakan salah satu program kerja tentang Penanaman Tanaman Obat (TOGA) di lingkungan rumah. Penanaman Tanaman Obat di lingkungan rumah tersebut mempunyai maksud dan tujuan untuk mengajak warga kelurahan Pandeyan dan masyarakat luas untuk melakukan penanaman tanaman obat seperti kencur, jahe, sirih, kunyit, lengkuas dan lain-lain di lingkungan rumah serta memberikan pengetahuan tentang cara menanam dan merawat tanaman obat secara sendiri.

Adapun penanaman tanaman obat di lingkungan rumah memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah agar terlihat lebih hijau. Jika memiliki tidak cukup pekarangan, tanaman bisa ditanam menggunakan polybag/pot.
  2. Dapat membuat racikan jamu sendiri yang nantinya dapat dikonsumsi sendiri maupun dijual, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga
  3. Sebagai sumber kesehatan keluarga. Banyak tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat yang bisa dikonsumsi untuk mengobati keluarga yang sakit, serta tanaman obat dipercaya minimal akan efek samping.
  4. Dapat meningkatkan imunitas tubuh dimasa pandemi covid-19

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Obat di Lingkungan Rumah adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan yang digunakan untuk menanam tanaman obat seperti, polybag/pot, bibit tanaman, dan media tanam
  2. Masukkan media tanam kedalam polybag/pot yang sudah disediakan
  3. Masukkan bibit tanaman obat untuk ditanam ke dalam polybag/pot
  4. Lalu siram tanaman obat tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore

Untuk lebih jelasnya tentang Penanaman Tanaman Obat dan Pembuatan Jamu oleh KKN UST Padepokan 188, Mari simak di Youtube Channel KKN UST Padepokan 188 atau melalui link dibawah ini

https://youtu.be/srTPggwEsYY  dan https://m.youtube.com/watch?v=A1m9eE2vFhs&t=58s

Semoga dari hal kecil tersebut dapat memberikan banyak maanfaat bagi masyarakat Kampung Kalangan, Kelurahan Pandeyan, Yogyakarta serta masyarakat luas sehingga dapat menumbukan kesadaran masyarakat dalam menanam tanaman obat di lingkungan rumah di masa pandemi covid-19. Tetap jaga kesehatan dan terapkan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

Terimakasih

Salam