“Dewantara Muda Tanggap Covid-19”

PROGRAM KERJA KKN UST

ALUR PROTOKOL KEDATANGAN WARGA YOGYA MAUPUN PENDATANG

DARI LUAR DIY

21-08-2020

LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dari padepokan 188 berkerjasama dengan kelurahan pandeyan, kecamatan umbulharjo yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2020/2021 dengan tema “Dewantara Muda Tanggap Covid-19”. Pada hari jumat, 21 Agustus 2020 dari Padepokan 188 melaksanakan salah satu program kerja yaitu tentang Alur protokol kedatangan warga yogya maupun pendatang dari luar DIY pada saat pandemi Covid-19 sebagai antisipasi pemantauan warga dari luar DIY. Program kerja tersebut dibuat dalam bentuk banner yang dicetak dan dipasang di beberapa titik yang terlihat banyak orang yang berisi tentang himbauan bagi warga yogya maupun pendatang yang datang di Yogyakarta agar mematuhi alur protokol kedatangan warga dari luar DIY. Selain protokol kesehatan yang sangat penting dilakukan, Himbauan Alur Kedatangan Warga Yogya maupun Pendatang dari Luar DIY juga penting perhatikan dan diterapkan saat pandemi covid-19 ini.

Protokol Kedatangan Warga Yogya maupun Pendatang dari Luar DIY adalah sebagai berikut:

  • Pemudik/Pendatang dari Luar DIY telah tiba.

Pemudik/Pendatang dari Luar DIY harus sesuai protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menyerahkan Surat Keterangan Sehat, Diperiksa dengan Thermogun/pengatur suhu.

  1. Pemudik/Pendatang wajib lapor kepada ketua RT dan RW. Ketua RT dan RW wajib mendata pemudik/pendatang meliputi nama, NIK, No HP, Alamat Asal, Tanggal datang ke yogyakarta, Alamat kedatangan, dan Rencana tinggal dil Yogyakarta.
  2. RT dan RW  menghimbau agar warga lainnya tidak menemui pemudik/pendatang selama di isolasi mandiri selama 14 hari.
  3. Warga pemudik/pendatang telah dinyatakan ODP dan wajib isolasi mandiri selama 14 hari sejak kedatangan. Selama isolasi mandiri pemudik/pendatang dilarang melakukan aktivitas seperti biasanya di luar rumah dan menerima tamu.
  4. Jika selama isolasi mandiri pemudik/pendatang mengalami gejala flu, demam, flu, sesak nafas, dan lain-lain.
  5. Maka warga pemudik/pendatang diharuskan segera periksa ke puskesmas ataupun Rumah Sakit Rujukan.

Program kerja tersebut bertujuan dalam membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19 agar masyarakat luas dapat mematuhi protokol kedatangan warga dari luar DIY serta selalu disiplin dalam menjaga kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang disekitar. Tetap jaga kesehatan dan terapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.